• الوصية
{فصل} في أحكام الوصية. وسبق معناها لغةً وشرعًا أوائلَ كتاب الفرائض. ويشترط في الموصَى به أن يكون معلوما وموجودا. (و) حينئذ (تجوز الوصية بالمعلوم والمجهول) كاللبن في الضرع، (وبالموجود والمعدوم) كالوصية بثمر
هذه الشجرة قبل وجود الثمرة.(وهي) أي الوصية (من الثلث) أي ثلث مال الموصِي؛ (فإن زاد) على الثلث (وقف) الزائد (على إجازة الورثة) المطلقين التصرف؛ فإن أجازوا فإجازتهم تنفيذ للوصية بالزائد، وإن ردوه بطلت في الزائد. (ولا تجوز الوصية لوارث) وإن كانت ببعض الثلث (إلا أن يجيزها باقي الورثة) المطلقين التصرف.
hukum wasiat. Pengertian wasiat telah dijelaskan di depan secara bahasa dan secara syara’ diawal-awal bab faroidl. Barang yang diwasiatkan disyaratkan diketahui dan jelas adanya (dan) di sini (wasiat boleh dengan yang diketahui dan tidak diketahui) seperti susu yang masih ada di ambing binatang (, yang ada dan yang tidak ada) seperti wasiat dengan buahnya pohon ini sebelum adanya buah (dan itu) yakini wasiat (dari sepertiga) yakni sepertiga harta yang berwasiat (jika lebih) atas tiga (maka tertahan) kelbihannya (atas izin ahli warits) yang mutlaq bertasorruf . Maka jika mereka mengizinkan maka izin mereka membuat wasiat atas yang lebih dari sepertiga itu menjadi boleh. Jika mereka menolak, maka batallah atas kelebihannya itu (dan wasiat tidak boleh untk ahli waris) walaupun setengah sepertiga (kecuali ahli warits yang lain membolehkannya) yang mutlaq dalam pentashorrufan.
وذكر المصنف شرط الموصي في قوله: (وتصح) وفي بعض النسخ «وتجوز» (الوصية من كل بالغ عاقل) أي مختار حر وإن كان كافرا أو محجورا عليه بسفه؛ فلا تصح وصية مجنون ومغمى عليه وصبي ومكرَه. وذكر شرط المُوصَى له إذا كان معينا في قوله: (لكل متمَلِّك) أي لكل من يتصور له الملك من صغير وكبير، وكامل ومجنون، وحَملٍ موجودٍ عند الوصية، بأن ينفصل لِأَقلَّ مِن ستة أشهر من وقت الوصية
Mushonnif menyebut syarat orang yang berwasiat dalam perkataannya (dan sah) dal sebagian literatur wa tajuzzu wasiyyah (daari setiap oranng yang baligh, yang berakal) yang tidak dipaksa, yang merdeka. Walaupun kafir ataupun yang tercegah karena sebab bodoh. Tidak sah wasiatnya orang gila, yang mengalami ayan, dan anak kecil, dan yang dipaksa. Dan ia menyebut syarat orang yang diwasiatkan jika tertentu (untuk yang bisa memiliki) yakni semua orang yang memungkinkan kepemilikan dari anak kecil atau dewasa, yang sempurna, yang gila, yang masih dalam kandungan tapi ada waktu wasiat dengan kira-kira terpisah minimal enam bulan dari waktu berwasiat.
No comments:
Post a Comment