• بيع الثمرة
(ولا يجوز بيع الثمرة) المنفردة عن الشجرة (مطلقا) أي عن شرط القطع (إلا بعدَ بُدُوِّ) أي ظهورِ (صلاحها)، وهو فيما لا يتلون انتهاءُ حالها إلى ما يقصد منها غالبا، كحلاوة قصب وحموضة رُمان ولين تِين، وفيما يتلون بأن يأخذ في حُمْرَةٍ أو سَوادٍ أو صُفرة، كالعناب والإجاص والبلح. أما قبل بُدُوِّ الصلاح فلا يصح بيعها مطلقا، لا من صاحب الشجرة ولا من غيره إلا بشرط القطع، سواء جرت العادة بقطع الثمرة أم لا. ولو قُطعت شجرةٌ عليها ثمرةٌ جاز بيعها بلا شرطِ قطعها.
JUAL BELI BUAH
(Tidak boleh menjual buah) yang menyendiri dari pohonnya (secara mutlaq) dari syarat dipotong( kecuali setelah tampak) jelas ( kepantasannya) dan hal itu bisa pada buah yang lumrahnya tidak bisa diketahui melalui warna batas matangnya, seperti manisnya tebu, kecutnya delima, dan lembeknya tin, atau bisa juga yang melalui wana, seperi diambil ketika merah, hitam, kuning, seperti anggur, buah ijjas, dan kurma. Adapun apabila sebelum jelasnya kepatutan, maka tidak sah menjualnya secara mutlaq, tidak boleh dari pemilik pohon ataupun dari yang lainnya kecuali dengan syarat di potong, baik hal itu karena sudah lumrah dengan memotong buahnya ataupun tidak. Dan jika batang pohon terputus di dalamnya terdapat buah, maka boleh menjualnya tanpa syarat memotongnya.
ولا يجوز بيع الزرع الأخضر في الأرض إلا بشرطِ قطعِه أو قلعِه، فإن بيع الزرع مع الأرض أو منفردا عنها بعد اشتداد الحَبِّ جاز بلا شرط. ومن باع ثمرا أو زرعا لم يبدُ صلاحُه لزمه سقيُه قدر ما تنمو به الثمرةُ وتسلم عن التلف، سواء خَلَّى البائعُ بين المشتري والمبيع أو لم يُخَلِّ. (ولا) يجوز (بيع ما فيه الربا بجنسه رَطْبا) بسكون الطاء المهملة. وأشار بذلك إلى أنه يعتبر في بيع الربويات حالة الكمال؛ فلا يصح مثلا بيع عِنَب بعنب. ثم استثنى المصنفُ مما سبق قولَه: (إلا اللبنَ)، أي فإنه يجوز بيع بعضه ببعض قبل تَجْبِينه. وأطلق المصنف اللبنَ فشمل الحليب والرائب والمخيض والحامض. والمعيارُ في اللبن الكيلُ حتى يصحَّ بيعُ الرائب بالحليب كيلا وإن تفاوتَا وزنًا.
Dan tidak boleh menjual tanaman hijau di lahan kecuali memotong atau mencabutnya. Jika tanaman dijual beserta lahannya atau tidak dengan lahannya stelah mengerasnya biji tanaman, maka boleh tanpa syarat. Dan barang siapa menjual buah atau tanaman yang belum jelas kepatutannya, maka waib mengairi sekedar bisa berbuah dan selamat dari kerusakan, baik telah diserahkan ataupun belum diserahkan. (dan tidak) boleh (menjual sesuatu yang ada ribanya dengan sejenisnya yang basah/hampir matang. Dengan sukunnya tho’ yang tak bertitik. Dan dengan hal itu musonnif menunjukkan bahwa dalam masalah riba harus sempurna. Maka tidak sah menjual anggur dengan anggur. Kemudian musonnif mengecualikan dari yang telah lalu dengan kata (kecuali susu) maka boleh menjual susu dengan susu sebelum mengental. Dan musonnif memutlaqkan kata "susu" maka termasuk di dalamnya susu yang diperas, yang telah mengental, susu yang telah diambil sarinya, susu yang kecut. Dan ukuran dalam susu adalah takaran/kail, sampai menjadi sah menjual susu kental dengan susu perahan secara takaran walaupun berbeda secara timbangan
No comments:
Post a Comment