Terjemah Kitab Fathul Qorib Urutan Wali

ترتيب الولاية
(وأولى الولاة) أي حق الأولياء بالتزويج (الأب، ثم الجد أبو الأب) ثم أبوه وهكذا. ويقدم الأقرب من الأجداد على الأبعد، (ثم الأخ للأب والأم) ولو عبر بالشقيق لكان أحصر، (ثم الأخ للأب، ثم ابن
الأخ للأب والأم) وإن سفل، (ثم ابن الأخ للأب) وإن سفل، (ثم العم) الشقيق ثم العم للأب، (ثم ابنه) أي ابن كل منهما وإن سفل (على هذا الترتيب)، فيقدم ابن العم الشقيق على ابن العم للأب.
(فإذا عدمت العصبات) من النسب (فالمولى المعتق) الذكر، (ثم عصابته) على ترتيب الإرث. أما المولاة المعتقة إذا كانت حيةً فيزوج عتيقتها مَن يزوِّج المعتقة بالترتيب السابق في أولياء النسب. فإذا ماتت المعتقة زوَّج عتيقتها من له الولاء على المعتقة ثم ابنه ثم ابن ابنه، (ثم الحاكم) يزوج عند فقد الأولياء من النسب والولاء.
URUTAN WALI

(dan paling utamanya kewalian) yakni hak kewalian dalam menikahkan (bapak, kemudian kakek;bapaknya bapak)kemudian bapaknya lagi dan begini seterusnya. Dan diahulukan para kakek yang lebih dekat dari pada yang jauh (kemudian saudara seayah dan seibu) jika diistilahkan dengan syaqiq/kandung maka itu lebih ringkas (kemudian saudara seayah, kemudian anaknya saudara kandung) walaupun ke bawah (kemudian paman) kandung kemudian seayah (kemudian anaknya) yakni anak dari keduanya, ters ke bawah (menurut urutan ini)anak paman yang syqiq didahulukan dari yang seayah. (jika tidak terdapat ashobah) dari nasab (maka maula mu’tiq) laki-laki (kemudian ashobahnya) menurut urutan dalam warisan. Adapun maula mu’tiq yang perempuan, jika ia masih hidup, maka yang meniahkan orang itu adalah suaminya maula mu’tiq tadi. Sesuai urutan yang lalu dalam wali-wali nasab. Jika maula mu’tiq sudah meninggal dunia maka yang mengganti posisinya adalah yang hak wali atas maula mu’tiq yang perempuan tadi kemudian anaknya, kemudian cucunya (kemudian hakim) ia menihkan perempuan jika para wali secara nasab dan wala’ tidak ada. 

No comments:

Post a Comment