Terjemah Kitab Fathul Qorib Luqothoh 2

ومن التقط شيأ حقيرا لا يُعرِّفه سَنةً، بل يعرفه زمنا يظن أن فاقده يعرض عنه بعد ذلك الزمن. (فإن لم يجد صاحبها) بعد تعريفها سنة (كان له أن يتملكها بشرط الضمان) لها. ولا يتملكها الملتقطُ بمجرد مُضِي السنة، بل لا بد من لفظ يدل على التملك، كتملكت هذه اللقطة. فإن تملكها وظهر مالكها وهي باقية واتفقا على رد عينها أو بدلها، فالأمر فيه واضح؛ وإن تنازعا فطلبها المالك وأراد الملتقط العدول إلى بدلها أجيب المالك في الأصح. وإن تَلِفَت اللقطة بعد تملكها غرم الملتقط مثلَها إن كانت مثلية، أو قيمتَها إن كانت متقومة يومَ التملك لها. وإن نقصت بعيب فله أخذها مع الإرش في الأصح.
barang siapa menemukan barang yang hina ia tidak perlu mengumumkannya setahun, tapi cuku sesaat saja, dimana ia mengasumsikan setelah waktu itu orang yang kehilangan akan tidak memperdulikannya lagi. (jiak ia tidak mendapatkan penemunya) setelah pengumuman selama satu tahun (maka ia berhak memilikinya dengan syarat jaminan) pada luqothoh. Ultaqit tidak lantas bisa memilikinya hanya karena telah berlalunya satu tahun, tapi harus ada kata yang menunjukkan kepemilikan, seperti telah kumiliki luqothoh ini. Jika ia telah memilikinya dan ternyata ada pemiliknya sedangkan barangnya tetapada dan mereka sepakat untuk mengembalikan barang tersebutt atau menggantinya, maka dalam perkara ini cukup jelas, jika mereka berselisih dan pemiliknya memintanya sedangkan multaqit menginginkan keadilan untuk menggantinya, maka tuntutan pemilik harus dipenuhi, menurut qoul yang lebih benar. Jika luqotoh rusak setelah memilikinya maka multaqit wajib mengganti semisalnlya jika barang itu dapat diukur/ada padanannya, atau harganya jika barang itu berharga di hari ia memilikinya. Jika ada yang kurang sebab aib maka ia mengambilnya dengan pengganti menurut qoul yang lebih sohih.

(واللقطة) وفي بعض النسخ «وجملة اللقطة» (على أربعة أضرب: أحدها ما يبقى على الدوام) كذهب وفضة؛ (فهذا) أي ما سبق من تعريفها سنةً وتملكها بعد السنة (حكمه) أي حكم ما يبقى على الدوام.
(و) الضرب (الثاني ما لا يبقى) على الدوام، (كالطعام الرطب؛ فهو) الملتقط له (مُخَيَّر بين) خصلتين (أكلِه وغرمِه) أو غرم قيمته (أو بيعه وحفظ ثمنه) إلى ظهور مالكه
(dan luqotoh) dalam sebagian naskah "dan jumlahnya luqotoh" (ada empat macam : salah satunya yang tetap kekal) seperti emas dan perak (maka ini) yakni apa yang telah lalu dari pengumumannya setahun dan memilikinya setelah tahun itu (hukumnya) adalah apa yang tetap kekal (dan) macam (yang kedua, yang tidak tetap) untuk kekal (seperti makanam basah; maka dia) multaqit (harus memilih diantara) dua pilihan (memakannya atau menggantinya) atau mengganti harganya (atau menjualnyan dan menjaga harganya) sampainya ketemu pemiliknya
(والثالث ما يبقى بعلاج) فيه، (كالرطب) والعِنب (فيفعل ما فيه المصلحة، مِن بيعه وحفظ ثمنه، أو تجفيفه وحفظه) إلى ظهور مالكه.
(والرابع ما يحتاج إلى نفقة، كالحيوان؛ وهو ضربان): أحدهما (حيوان لا يمتنع بنفسه) من صغار السباع كغنم وعِجل؛ (فهو) أي الملتقط (مخير) فيه (بين) ثلاثة أشياء: (أكله وغرم ثمنه، أو تركه) بلا أكل (والتطوع بالإنفاق عليه أو بيعه وحفظ ثمنه) إلى ظهور مالكه. (و) الثاني (حيوان يمتنع بنفسه) من صغار السباع، كبعير وفرس؛ (فإن وجده) الملتقط (في الصحراء تركه) وحرم التقاطه للتملك. فلو أخذه للتملك ضمنه، (وإن وجده) الملتقط (في الحضر؛ فهو مخَيَّر بين الأشياء
ثة فيه). والمراد الثلاثة السابقة فيما لا يمتنع.

(dan yang ketiga adalah yang tetap awet dengan pengolahan) padanya (seperti kurma setengah masak) dan anggur (maka ia dhendaknya melakukan yang terbaik, dari menjualnya dan menjga harganya atau mengeringkannya dan menjaganya) sampai jelas pemiliknya (yang keempat adalah yang membutuhkan pada nafakah, seperti hewan. Dan itu ada dua macam ) :salahsatunya (hewan yang tidak bisa menjaga diri) dari hewan buas yang kecil, seperti kambing dan anak sapi (maka dia) multaqit (disuruh memilih) di dalamnya (anatara) tiga perkara (memakannya dan mengganti harganya, membiarkannya) tanpa memakannya (dan untuk ibadah: menginfakkannya, atau juga menjual dan menjaga harganya) sampai mucnul pemiliknya (dan) yang kedua (hewan yang bisa menjaga diri) dari hewan buas yang kecil, seperti unta dan kuda (jika ia mnedapatkannya) multaqit (di gurun, maka hendaklah membiarkannya) dan haram menjadikannya sebagai luqothoh untuk dimiliki. Jika ia mengambilnya untuk dimiliki, maka harus menjaminnya. (jika ia mendapatkannya) multaqit (di pemukiman penduduk, maka ia memilih diantara yang tida) yang dimaksud yanmg tiga adalah tiga macam yang lalu tetnatng hewan yang tidak bisa menjaga dirinnya

No comments:

Post a Comment