الوديعة
{فصل} في أحكام الوديعة. هي فَعِيلة مِنْ وَدَعَ إذا ترك. وتطلق لغةً على الشيء المودوع عند غير صاحبه للحفظ. وتطلق شرعا على العقد المقتضي للاستحفاظ.
WADI’AH
(fasol) hukum wadi’ah . wadi’ah berwazan faiilatun dan kata wad’a jika meninggalkan. Dan dimutlakkan secara bahasa pada sesuatu yang ditinggalkan pada selain empunya untuk dijaga. Dimutlakkan secara syara’ pada akad yang menuntut penjagaaan
(والوديعة أمانة) في يد الوديع. (ويُستحب قبولُها لمن قام بالأمانة فيها) إن كان ثَمَّ غيرُه، وإلا وجب قبولها - كما أطلقه جمعٌ. قال في الروضة كأصلها: وهذا محمول على أصل القبول، دون إتلاف منفعته وحرزه مجانا. (ولا يضمن) الوديع الوديعةَ (إلا بالتعدي) فيها. وصور التعدي كثيرة مذكورة في المطولات. منها أن يُودِع الوديعةَ عند غيره بلا إذن من المالك، ولا عذر من الوديع. ومنها أن ينقلها من محلة أو دار إلى أخرى دونها في الحرز.
(Wadiah itu sebuah amant ) di tangan wadi’( dan disunnahkan menerimanya bagi orang yang bisa memegang amanah padanya) jika di sana juga ada orang selainnya, jika tidak begitu maka menerimanya menjadi wajib seperti yang telah dimutlakkan oleh banyak ulama. Imam Nawawi berkata dalam kitab roudloh seperti aslinya: dan ini masuk pada asal penerimaan, bukan merusak manfaat dan menjaganya secara gratis (dan tidak menjamin) yang dititipi pada barang titipan (kecuali ada unsur jahat) didalmnya. Contoh unsur jahat disini banyak tersebut dalam kitab yang luas pembahasannya. Diantaranya menitipkan barang pada orang tanpa izin pemiliknya, dan tidak udzur bagi wadii’. Dan diantranya memindahkannya dari tempatnya atau rumah pada tempat lain selainnya dalam penjagaannya.
(وقول المُودَع) بفتح الدال (مقبول في ردها على المُودِع) بكسر الدال.(وعليه) أي الوديع (أن يحفظها في حرز مثلها)؛ فإن لم يفعل ضمن. (وإذا طولب) الوديع (بها) أي الوديعة (فلم يخرجها مع القدرة عليها حتى تلفت ضمن). فإن أخَّر إخراجَها لعذر لم يضمن
(dan perkataan muda’/wadi’) dengan fathah dal (itu diterima dalam pengembaliannya pada mudi’) dengan kasrohnya dal (dan baginya) bagi wadi’ (harus menjaga mitsilnya) jika tidak melakukannya maka ia harus menjamin (dan jika diminta) wadi’ (barang itu) yang dititip(dan tidak mampu mengeluarkannya sampai rusak, maka ia harus menjamin) jika hanya menunda pengeluarannya maka tidak perlu jaminan
No comments:
Post a Comment