الوكالة
{فصل}
في
أحكام الوَكَالَة.
وهي
بفتح الواو وكسرها في اللغة التفويض، وفي
الشرع تفويض شخص شيأ، له فعلُه مما يقبل
النيابةَ إلى غيره ليفعله حالَ حياته.
وخرج
بهذا القيد الإيصاء.
وذكر
المصنف ضابط الوكالة في قوله:
(وكل
ما جاز للإنسان التصرف فيه بنفسه جاز له
أن يُوكِّل فيه)
غيرَه
(أو
يتوكل فيه)
عن
غيره.
فلا
يصح من صبي أو مجنون أن يكون مُوكِّلا ولا
وكيلا.
وشرط
الموكَّل فيه أن يكون قابلا للنيابة؛ فلا
يصح التوكيل في عبادة بدنية إلا الحج
وتفرقة الزكاة مثلا، وأن يملكه الموكل؛
فلو وكل شخصا في بيع عبد سيملكه أو في طلاق
امرأة سينكحها بطل.
(والوكالة
عقد جائز)
من
الطرفين، (و)
حينئذ
(لكل
منهما)
أي
الموَكِّل والوكيل (فسخها
متى شاء.
وتنفسخ)
الوكالة
(بموت
أحدهما)
أو
جنونه أو إغمائه.
WAKALAH
(fasol)
tentang hulkum wakalah. Wakalah -dengan fathahnya wawum atau
kasrohnya menurut bahasa adalah pemberian kuasa, menurut terminologi
fiqih pemberian kuasa seseorang pada sesuatu, dibolehkan baginya
melakukan suatu diwakilkan padanya semasa hidupnya. Dan keluar
qoyyid ini adalah wasiat. Dan musonnif menyebut kriteria wakalah
dalam perkataannya (setiap orang yang diperbolehkan untuk tashorruf
maka boleh baginya mewakilkannya) pada lainnya (atau menjadi wakil)
dari yang lainnya. Maka tidak sah dari anak kecil atau orang gila
mewakilkan atau pun menjadi wakil. Dan disyaratkan bagi suatu yang
diwkilkan harus bisa menerima perwakilan. Maka tidak boleh mekilkan
ibadah badan kecuali hajji dan menyebarkan zakat misalnya, dan
seseatu itu memang milik muwakkil. Jika mewakilkan pada seseorang
untuk menjual budak yang akan dimiliknya atau mentalak perempuanyang
akan dinikahinya, maka prektik seperti itu batal (wakalah itu akad
yang dibolehkan) dari dua kubu (dan) disini (bagi kedua belah pihak)
muwakkil dan wakil (boleh memfasakh jika mau) dan menjadi rusak)
wakalah (karena kematian salah satunya) atau karena gila dan ayan
(والوكيل
أمين).
وقوله:
(فيما
يقبضه، وفيما يصرفه)
ساقط
في أكثر النسخ.
(ولا
يضمن)
الوكيل
(إلا
بالتفريط)
فيما
وكل فيه.
ومِن
التفريط تسليمه المبيعَ قبل قبض ثمنه.
(ولا
يجوز)
للوكيل
وكالةً مطلقة (أن
يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط):
أحدها
(أن
يبيع بثمن المثل)،
لا بدونه ولا بغبن فاحش، وهو ما لا يحتمل
في الغالب.
(و)
الثاني
(أن
يكون)
ثمن
المثل (نقدا)؛
فلا يبيع الوكيل نسيئةً وإن كان قدر ثمن
المثل.
والثالث
أن يكون النقد (بنقد
البلد).
فلو
كان في البلد نقدان باع بالأغلب منهما؛
فإن استويا باع بالأنفع للموكل؛ فإن
استويا تُخُيِّر، ولا يبيع بالفلوس وإن
راجت رواجَ النقود.
(ولا
يجوز أن يبيع)
الوكيل
بيعا مطلقا (من
نفسه)
ولا
من ولده الصغير ولو صرح الموكل للوكيل في
البيع من الصغير -
كما
قاله المتولي خلافا
للبغوي.
والأصح
أنه يبيع لأبيه وإن علا ولابنه البالغ
وإن سفل إن لم يكن سفيها ولا مجنونا.
فإن
صرح الموكل بالبيع منهما صح جزما
(dan
wakil yang dipercaya) dan perkataanya (dalam sesuatu yang telah
diterimanya, dan yang telah menukarkannya) tidak ada dalam sebagian
naskah (dan tidak boleh menjamin) wakil (kecuali dengan
menyalahgunakan) pada yang telah diwakilkan. dan termasuk juga
penyalahgunaan, penyerahan barang sebelum menerima harga (dan tidak
boleh) bagi wakil wakalah secara mutlak (menjual atau membeli kecuali
dengan tiga syarat) salah satunya (harus menjualnya dengan harga
wajar/lumrahnya) tidak dengan lainnya, juga tidak dengan penipuan
yang keji, yaitu sesuatu yang tidak biasa terjadi (dan) yang kedua
(haruslah) harga misil tadi (dengan tunai) wakil tidak boleh menjual
secara angsur walaupaun dengan harga misil. Yang ketiga uang haruslah
(dengan uang daerah tersebut) jika dalam satu negara ada dua mata
uang, maka harus menjual dengan yang paling lumrah berlaku, jika sama
juallah denga yang lebih bermanfaat bagi yang mmewakilkan, jika tetap
sama maka disuruh memilih. Dan tidak boleh membelinya dengan uang
fulus/selain perak dan emas walaupun peredarannya sama dengan uang
nuqud (dan tidak boleh menjual) wakil secara mutlak(darinya sendiri)
atau dari anaknya yang kecil walaupun bisa muwakkilkan membolehkan
pada wakil dalam hal itu. Seperti yang telah dikatakan mutawalli dan
berbeda dengan baghowi. Yang lebih benar adalah menjaulnya pada
ayahnya atau ke atasnya, dan pada anaknya yang sudah baligh atau ke
bawah/keturunannya jika tidak bodoh atau gila. Jika meuwakkil telah
mengizinkan menjual dari keduanya maka hal itu sah
(ولا
يُقِرُّ)
الوكيل
(على
موكله)؛
فلو وكل شخصا في خصومة لم يملك الإقرارَ
على الموكل، ولا الإبراء من دَينه ولا
الصلح عنه.
وقوله:
(إلا
بإذنه)
ساقط
في بعض النسخ.
والأصح
أن التوكيل في الإقرار لا يصح.
(dan
tidak memberi pengakuan) wakil (atas muwakkilnya) maka jika
mewakkilkan pada seseorang tetntang persengketaan maka ia tidak memiliki iqror
atas muwakilnya, dan tidak juga terbebas dari hutangnya, dan tidak
juga suluh darinya. Dan perkataannya (kecuali dengan izinnya) tidak
tercantum dalam sebagian naskah
No comments:
Post a Comment