Terjemah Kitab Fathul Qorib Hijr


الحِجر

{فصل} في حِجر السفيه والمفلس. (والحِجْر) لغةً المنع، وشرعًا منع التصرف في المال، بخلاف التصرف في غيره كالطلاق، فينفذ من السفيه. وجعل المصنف الحجرَ (على ستة) من الأشخاص: (الصبي، والمجنون، والسفيه). وفسره المصنف بقوله: (المبذر لماله) أي الذي لم يصرفه في مصارفه، (والمفلس) وهو لغةً مَنْ صار مالُه فُلوسًا، ثم كنى به عن قلة المال أو عدمه، وشرعا الشخص (الذي ارتكبته الديون)، ولا يفي مالُه بدينه أو ديونه، (والمريض المخوف عليه) من مرضه. والحجر عليه (فيما زاد على الثلث) وهو ثلثا التركة لأجل حق الورثة. هذا إن لم يكن على المريض دينٌ؛ فإن كان عليه دين يستغرق تركتَه حجر عليه في الثلث وما زاد عليه، (والعبد الذي لم يؤذن له في التجارة)؛ فلا يصح تصرفه بغير إذن سيده. وسكت المصنف عن أشياء من الحِجْر مذكورة في المطولات. منها الحجر على المرتد لحق المسلمين، ومنها الحجر على الراهن لحق المرتهن.

PENCEGAHAN
(fasol) pencegahan atas orang idiot dan orang bangkrut (dan hijr) menurut bahasa pencegahan. Menurut syara’ pelarangan transaksi bisnis, bukan tashorruf lainnya seperti talak, karena hal itu bisa terjadi bagi orang bodoh. Dan musonnif menjadikan hijr ini (atas enam) dari seorang (anak kecil, orang gila, dan bodoh) dan musonnif menafsirkan dengan kata (yang membuang-buang hartanya) tidak bisa membelanjakan/menggunakannya dengan benar (dan muflis) secara bahasa adalah orang yang hartanya telah menjadi uang, kemudian menjadi istilah/julukan karena sedikit hartanya atau habis hartanya. Menurut syara’ adalah seorang ( yang punya hutang berlipat) dan hartanya tidak cukup untuk melunasi hutang tersebut (dan orang sakit yang dikwatirkan) dari sakitnya. Pencegahan pada merekan (dalam harta yang lebih dari sepertiga) dan itu duapertiga harta peninggalan untuk ahli waris. Ini jika bagi yang sakit tidak punya hutang. Jika dia punya hutang yang bisa menghabiskan hartanya maka dihijr sepertiga dan selebihnya. (dan seorang budak yang tidak diizinkan oleh majikannya untuk berdagang) maka tidak sah tashorruf tanpa izin majikannaya. Dan musonnif tidak menyebutkan beberapa hal yang berhubungan dengan hijr seperti halnya kitab lain yang membahasnya panjang lebar, diantaranya hijr atas rohin untuk hak murtahin.

(وتصرف الصبي والمجنون والسفيه غير صحيح)؛ فلا يصح منهم بيعٌ ولا شراءٌ ولا هبة ولا غيرها من التصرفات. وأما السفيه فيصح نكاحه بإذن وليه.

(وتصرف المفلس يصح في ذمته)؛ فلو باع سلَما طعاما أو غيرَه أو اشترى كلا منهما بثمن في ذمته صح، (دون) تصرفه في (أعيان ماله) فلا يصح. وتصرفه في نكاح مثلا أو طلاق أو خلع صحيح. وأما المرأة المفلسة، فإن اختلعت على عين لم يصح، أو دينٍ في ذمتها صح.

(وتصرف المريض فيما زاد على الثلث موقوف على إجازة الورثة)؛ فإن أجازوا الزائدَ على الثلث صح، وإلاَّ فلا. وإجازةُ الورثة وردُّهم حالَ المرض لا يعتبران، وإنما يعتبر ذلك (من بعده) أي من بعد موت المريض. وإذا أجاز الوارث ثم قال: «إنما أجزت لظني أن المال قليل، وقد بان خلافَه»، صدق بيمينه.

(وتصرف العبد) الذي لم يؤذن له في التجارة (يكون في ذمته). ومعنى كونه في ذمته أنه (يتبع به بعد عتقه إذا عتق). فإن أذِن له السيد في التجارة صح تصرفه بحسب ذلك الإذن.

(dan tasorrufnya anak kecil, orang gila, orang bodoh adalah tidak sah) maka tidak sah jika diantara mereka menjual atau membeli, berhibbah ataupun lainnya dari banyak transaksi. Dan untuk orang idiot/bodoh/cacat mental maka bagi dia boleh menikah atas izin walinya.
(dan tashorrufnya muflis bisa sah dalam tangunngannnya) jika menjual makanan dengan akad salam atau lainnya, atau membeli kedua-keduanya dengan harga dalam tanggungannya maka hal itu sah (bukan) tashorrufnya dalam (bentuk hartanya) maka hal initidak sah. Dan tashorrufnya dalam pernikahan misalnya, atau talak, atau khulu’, adalah sah. Adapun perempuan yang bangkrut,tidak sah jika berkhulu’ atas wujud barang, dan sah jika berupa hutang dalam tanggungan. (Dan tahorrufnya orang sakit yang lebih dari sepertiga terhenti atas izin ahli waris) jika mereka membolehkan lebih dari sepertiga maka hukumnya sah, jika tidak maka tidak sah. Memberi izin atau tidak ketika yang bersangkutan sakit itu tidak termasuk/dianggap, tapi yang dianggap disini hanyalah (setelahnya) stelah wafatnya orang sakit tersebut. Jika ada waris yang membolehkan dengan mengatakan “saya membolehkan karena saya kira hartanya sedikit, ternyatak tidak” maka ia dibenarkan dengan sumpahnya. (dan tashorrufnya hamba sahaya) yang tidak mendapat izin dalam berdagang (ada pada tanggungannya) arti dari dalam tanggungannya adalah (ikut dengannya setelah merdeka jika ia dibebaskan) jika tuannya membolehkan maka sah tashorrufnya dengan mepertimbangkanizin itu.

No comments:

Post a Comment