{فصل} في الربا - بألف مقصورة - لغةً الزيادةُ، وشرعًا مقابلةُ عوض بآخر مجهول التماثل في معيار الشرع حالةَ العقد أو مع تأخير في العِوَضَين أو أحدهما.
RIBA DALAM EMAS, PERAK DAN MAKANAN
(fasol) Riba -dengan alif maksuroh- secara bahasa Tambahan) menurut syara' adalah tukar menukar suatu pengganti dengan pengganti yang lain yang tidak diketahui kesamaannya dalam ukuran syara' diwaktu akad atau pun diwaktu yang tartunda dua ganti atau salah satunya.
والربا حرام، وإنما يكون في الذهب والفضة و) في (المطعومات). وهي ما يقصد غالبا للطعم اقتياتا أو تفكها أو تداويا. ولا يجري الربا في غير ذلك.
(ولا يجوز بيع الذهب بالذهب، ولا الفضة كذلك) أي بالفضة، مضروبين كانا أو غير مضروبين (إلا متماثلا) أي مثلا بمثل؛ فلا يصح بيع شيء من ذلك متفاضلا. وقوله: (نقدا) أي حالا يدا بيد؛ فلو بِيع شيء من ذلك مؤجلا لم يصح.
(ولا) يصح (بيع ما ابتاعه) الشخص (حتى يقبضه)، سواء باعه للبائع أو لغيره. (ولا) يجوز (بيع اللحم بالحيوان)، سواء كان من جنسه، كبيع لحم شاة بشاة أو من غير جنسه، لكن من مأكول كبيع لحم بقر بشاة. (ويجوز بيع الذهب بالفضة متفاضلا) لكن (نقدا) أي حالا مقبوضا قبل التفرق. (وكذلك المطعومات، لا يجوز بيع الجنس منها بمثله إلا متماثلا نقدا) أي حالا مقبوضا قبل التفرق. (ويجوز بيع الجنس منها بغيره متفاضلا) لكن (نقدًا) أي حالا مقبوضا قبل التفرق؛ فلو تفرق المتبايعان قبل قبض كله بطل، أو بعد قبض بعضه ففيه قولاَ تفريقِ الصفقة. (ولا يجوز بيع الغرر) كبيع عبد من عبيده أو طير في الهواء
(dan riba itu haram hukumnya, keharamannya hanya terdapat pada mas dan perak dan) pada (makanan) makan itu adalah makanan yang biasanya menjadi makanan pokok, snack/camilan, obat-obatan. Dan riba tidak berlaku pada selain itu.
(Dan tidak boleh membeli mas dengan emas, perak dengannya) maksudnya dengan perak, yang tercetak ataupun tidak (kecuali ukurunnya sama) sama-sama. Maka dari itu tidak sah jual beli sesuatu dari barang tersebut yang yang melebihi. Dan kata (naqdan) adalah kontan, langsung dari tangan ke tangan. Jika barang tersebut dijual dengan tidak kontan, maka jualbeli tersebut tidak sah.
(dan tidak) sah (menjual menjual sesuatu yang telah membelinya) seseorang (sampai ia menggenggamnya) baik menjuanya pada penjual ataupun pada lainnya (dan tidak) boleh (menjual daging dengan hewan) baik itu satu jenis, seperti menjual daging kambing dengan kambing, ataupun beda jenis tapi yang boleh dimakan seperti daging sapi dengan kambing. (dan boleh menjual emas dengan perak yang tidak sama) tapi (langsung) langsung tergenggam sebelum berpisah (dan boleh juga seperti itu menjual makanan. Tidak boleh menjual makanan yang sama jenis kecuali sama, dan kontan) langsung diterima tangan sebelum berpisah (dan boleh jualbeli dari satu jenis makanan dengan jenis lainnya secara lebih-melibihkan) tapi (langsung) langsung tergenggam sebelum berpisah. Jika dua pihak telah berpisah sebelum menggengggam maka semuanya batal. Atau telah menggenggam sebagiannya , maka di situ berlaku dua qoul tafriqusshofqoti. (tidak boleh jualbeli barang semu) seperti membeli budak dari budaknya, atau seperi membeli burung yang masih di udara.
No comments:
Post a Comment